5 Tips Penting Menyewa Jasa Kontraktor Renovasi Rumah

Tips Memilih Kontraktor Untuk Renovasi

Menyewa jasa kontraktor bangunan untuk renovasi bisa menakutkan. Apalagi kadang-kadang terasa banyak sekali pilihan dan belum tahu mana yang paling cocok untuk anda dan ketambahan pula banyak cerita 'horor' diluar sana tentang kontraktor. Sekarang kira-kira cara apa saja yang dapat dilakukan untuk menemukan kontraktor yang cocok untuk proyek anda.

Dibawah ini ada beberapa panduan dan tips untuk menyewa kontraktor yang kami harap dapat membantu anda melaksanakan proyek dengan nyaman mulai dari awal hingga akhir.




1. Kerjakan 'PR' Anda

Tugas ini berlaku untuk dua hal, yaitu proyek anda sendiri dan calon kontraktor yang akan anda sewa jasanya. Untuk renovasi, anda sendiri harus sudah memiliki ide yang jelas akan bentuk akhir yang diinginkan dan kesiapan anggaran yang realistik yang memang bisa disiapkan dan digunakan.

Untuk jasa kontraktor bangunannya, pastikan bahwa anda fokus pada penyedia jasa yang memang memiliki pengalaman yang sama dengan proyek milik anda, lebih baik lagi bila mereka sudah memiliki atau bisa memperlihatkan contoh hasil kerja sebelumnya yang kira-kira sama dengan proyek anda, apalagi bila yang sebelumnya malah jauh lebih baik dari proyek anda saat ini, baik kualitas, kerumitan, biaya dll.



2. Interview Kontraktor

Setelah anda menemukan kontraktor yang memang tampaknya cocok untuk proyek anda, lakukanlah interview dengan mereka. Anda bisa menanyakan berbagai hal, misalnya apakah mereka sudah berpengalaman mengerjakan proyek yang sekelas anda miliki, lihat apakah mereka merasa yakin dengan kemampuan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan ini, dan berapa lama mereka memperkirakan waktu untuk penyelesaiannya.

Selama interview ini pastikan untuk mendengarkan baik-baik jawaban mereka, bagaimana keyakinan dan profesionalisme mereka. Karena nantinya kontraktor ini akan sering datang ke rumah anda maka ada baiknya anda memilih kontraktor yang memang anda merasa nyaman dengannya dan yang tampaknya memang bisa menyelesaikan pekerjaan ini.


3. Mintakan Penawaran

Setelah menyelesaikan interview anda, langkah selanjutnya adalah meminta penawaran dari mereka untuk proyek anda. Penawaran ini biasanya disertakan dalam bentuk perhitungan rencana anggaran biaya (RAB), didalamnya berisi prakiraan harga untuk setiap item pekerjaan yang akan dilaksanakan, sudah termasuk harga material dan upah pekerjaannya dll.

Harap tetap diingat bahwa penawaran terendah bukanlah selalu yang terbaik. Lakukanlah pekerjaan 'PR' anda menyangkut kisaran harga dan kualitas yang didapat pada proyek-proyek lain di pasaran yang sekelas milik anda. Pastikan untuk selalu memperhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman dan contoh pekerjaan sebelumnya dalam penelitian anda. Kadang investasi awal yang lebih besar masih lebih baik untuk jangka panjang bila itu berarti anda bisa mendapatkan bangunan berkualitas yang tahan lama, perawatan yang mudah dan menghilangkan segala macam kerepotan di kemudian hari.


4. Buatlah Bukti Tertulis

Setelah anda menentukan kontraktor yang anda anggap cocok untuk pekerjaan ini ada baiknya dibuat bukti tertulis, berupa sebuah kontrak yang isinya antara lain menjelaskan mengenai tata cara sistem pembayaran dan item pekerjaan yang akan dilaksanakan dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak.

Memiliki kontrak yang bertanda tangan seperti ini lebih bertujuan untuk keamanan kedua belah pihak, dimana setiap pihak mengerti dan paham akan beban tanggung jawabnya masing-masing, terlebih lagi menghindari lupa dan salah sangka di kemudian hari. 


5. Bisa Bersikap Fleksibel

Renovasi tidak pernah bisa menjadi ilmu pasti, bahkan kontraktor terbaik pun bisa jadi menemukan masalah tidak terduga di lapangan. Setelah pekerjaan berjalan bisa saja kondisi cuaca dan halangan lainnya muncul, anda sebagai pemilik rumah harus siap dengan rencana cadangan jauh-jauh hari sebelumnya, sehingga dapat memberikan ruang untuk penyesuaian waktu dan anggaran bagi kontraktor yang mengerjakannya.

Walau begitu anda sebagai pemilik rumah harus pula mempunyai batasan, jika kontraktor yang anda sewa ternyata memang tidak serius pada pekerjaannya dan mengakibatkan molor yang tidak beralasan dan masuk akal, anda tidak perlu ragu untuk mencari penggantinya.

Memilih jasa kontraktor bangunan selalu merupakan hal besar, selama anda tenang dan sabar maka jalan keluarnya pasti akan dapat ditemukan.

Kami berharap semoga tips-tips diatas dapat membantu anda mengambil keputusan yang terbaik, memilih dan mendapatkan jasa kontraktor bangunan yang cocok bagi kebutuhan renovasi rumah anda.

Kunjungi juga website resmi CGA untuk mengenal lebih jauh tentang kami.





No comments:

Post a Comment

Tulisan anda akan di moderasi oleh admin.

Renovasi Rumah Tinggal, Karasak Utara, Bandung

Dokumentasi April 2018 Renovasi rumah tinggal di Karasak Utara, Bandung Item pekerjaannya berupa renovasi rumah tinggal, sebelumnya suda...